Rabu, 21 November 2012

contoh verbatim konseling


Ø  Verbatim konseling

 

Konseli                 : Assalamualaikum bu, (mengetuk pintu)
Konselor             : waalaikum salam, (menghampiri konseli) silahkan masuk.                                          1. 1
Konseli                 : terima kasih bu, (masuk kedalam ruangan menjabat tangan ) ada apa ya bu memanggil saya?
Konselor             : iya, silahkan  duduk dulu weni! sepertinya senyum kamu hari ini lebih manis ya.
 

Konseli                 : ah, ibu bisa saja.                                                                                                                             1.2
Konselor             : oh ya, sepertinya kemarin ibu lihat kamu ditoko aksesoris. Kaya’nya sama cowok, pacarnya ya?                                                                                                                                                                
Konseli                 : lo, ibu tau ya?, bukan bu itu kakak saya.
Konselor             : oh begitu, biasanya ibu juga beli brosnya juga ditoko itu,
Konseli                 : kemarin saya juga beli bros bu.
Konselor             : pasti ini ya brosnya?, cocok sekali lo sama kerudung kamu hari ini. Warnaya juga cerah, dan semoga saja secerah yang memakainya.

Konseli                 : ibu bisa aja. Oh ya bu, ada apa ya kok saya dipanggil kesini? Apa saya ada masalah bu?   1.3
Konselor             : begini lo, tadi pagi sebelum masuk kelas kok saya lihat mata kamu merah ya. Kamu habis nangis?
Konseli                 : iya bu, sebenarnya saya malu bu diledekin temen-temen tadi.
Konselor             : apa ada masalah? Soalnya ibu sering juga lo lihat kamu seperti itu.
Konseli                 : hanya masalah kecil sih bu.
Konselor             : mau cerita sama ibu ga?
Konseli                 : memangnya tidak apa-apa ya bu?

Konselor             : jelas tidak dong. Tapi nanti sampai jam istirahat selesai ya, kamu juga ada kelas kan?      1.4
Konseli                 : iya bu, nanti saya ada praktek bahasa inggris habis ini.

Konselor             : baik kalo begitu.  Ayoh, katanya kamu mau cerita sama ibu!                                      2.1
Konseli                 : begini bu, Tadi pagi saya habis dimarahi sama ibu karena bangun kesiangan. Semalaman bu saya belajar bhs inggris sampai malam bu.
Konselor             : lo, apa kamu tidak belajar siangnya?, kan kemarin hari libur.

Konseli                 : tidak bu, seharian saya jalan sama teman”. Karena itulah bu, ibu saya marah. Saya kan takut dimarahi akhirnya saya nangis, saya itu selalu nangis bu setiap dimarahi.                2.2
Konselor             : mungkin maksudnya ibu kamu itu bukan memarahi, mau mengingatkan sama kamu, tapi kamunya nangis duluan gitu kan?
Konseli                 : tapi saya itu paling gak bisa kalo dibentak-bentak.

Konselor             : oh begitu ya?, kamu tau gak kenapa ibu kamu begitu sama kamu?                       3,2            
Konseli                 : karena saya bangun kesiangan dan karena saya malah menghabiskan waktu dengan bermain dari pada belajar mungkin bu. Mungkin kalau saya tidak malas belajar saya tidak akan dimarahi bu.

Konselor             : terus kalau kamu tau marahnya karena itu, apa ya mungkin yang harus kamu lakukan?                                                                                                                                                              4.1
Konseli                 : mungkin saya harus mengurangi bermain diluar rumah dan lebih rajin belajar ya bu, biar nantinya saya gak harus ngebut semalaman untuk belajar.
Konselor             : lo, itu kamu tau. Bagus lo kalau kamu mau begitu. Kan kalau kamu malas belajar imbasnya juga dikamunya sendiri bukan?                                                                                                         4.2
Konseli                 : jadi saya memang harus begitu ya bu, baiklah bu saya akan berusaha semampu saya. tapi ibu mau membantu kan kalau saya ada kesulitan?

Konselor             : jelas mau dong. Gini aja, kalau kamu mau bermain gak apa” tapi harus ingat waktu, jgn sampai waktunya blajr kamu lupa.                                                                                                        4.3
Konseli                 :gitu ya bu, jadi kalau saya mengerkjakn semua tgas sya, saya boleh bermain ya bu. Asal jgn melupakan kwajiban saya kan bu?
Konselor             :begitu lebih bagus. (bel berbunyi). Wah, sepertinya sudah waktunya masuk kelas ini. Jadi, kamu sudah ngerti ya apa yang harus kamu lakukan?                                                                5.1
Konseli                 : iya bu,saya akan lebih giat belajar dan tidak malas lagi.

Konselor             : jadi untuk pertemuan hari ini sudah tidak masalah lagi ya?                                       5.2
Konseli                 : saya rasa cukup bu, tapi kalau nanti saya ada masalah lagi dan ingin ketemu lagi sama ibu gak apa-apa kan bu?                                                                                                                             5.3
Konselor             : oh iya gak apa-apa. Nanti gak usah saya panggil kamu langsung datang ya, tapi jangan pas ibu ada kepentingan ya?
Konseli                 : baik bu, saya permisi dulu. Assalamualaikum.... (meninggalkan ruangan dan menjabat tangan)
Konselor             : waalaikum salam..... (mengantar sampai kedepan pintu).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar